Intip, 4 Ide Usaha yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

Di Tahun 2024 ini, ada begitu banyak ide bisnis yang bisa dilakukan oleh para ibu tangga, tanpa meninggalkan urusan rumah. Ide bisnis ini pun sangat menjanjikan jika dikerjakan dengan tekun.


Bukan tidak mungkin, memulai bisnis dari rumah nyatanya dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan dengan modal minim. Bisnis rumahan bisa menyesuaikan dengan hobi atau keterampilan yang dimiliki, tidak harus memaksakan sesuatu yang tidak dikuasai. Sehingga, bisnis yang dijalankan akan bertahan lama dengan terus mengembangkan inovasi-inovasi lainnya.


Yuk intip, apa saja ide usaha yang cocok untuk seorang ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu dirumah saja namun tetap bisa menghasilkan cuan untuk membantu finansial keluarga. 


  1. Bisnis Katering


Ibu rumah tangga pasti sangat akrab dengan memasak. Keterampilan memasak dapat menjadi peluang bisnis, seperti menawarkan katering makanan diet, makanan harian atau jika sudah besar dan memiliki karyawan bisa melakukan katering untuk acara-acara besar. Bisnis katering bisa dimulai dari hal kecil seperti menawarkan jualan makanan ke tetangga samping rumah yang dilakukan secara konsisten serta berinovasi pada setiap waktunya. 


Kelebihan dari bisnis katering adalah tidak banyak modal yang perlu dikeluarkan bisa menggunakan alat-alat yang sudah ada dirumah. Untuk promosi bisnis, bisa menggunakan media sosial seperti instagram, whatsapp, facebook. Dapat juga menyesuaikan dengan banyaknya pengguna media sosial lingkungan sekitar atau target konsumen yang dituju.


  1. Bisnis Hampers dan Bouquet


Hampers dan buket tidaklah asing lagi di masyarakat. Sekarang, kita banyak menjumpai penjual hampers atau buket di pinggir jalan. Seiring berjalannya waktu, produk hampers dan bouquet ini semakin banyak jenisnya menyesuaikan dengan permintaan customer. 


Mulai dari hampers makanan, buah-buahan, pecah belah dan lainnya. Banyak pilihan bisa dirangkai menjadi buket, mulai dari makanan, bunga, pernak pernik, sembako sampai uang tunai. Bisnis ini merupakan salah satu peluang bisnis rumahan yang banyak peminatnya, terutama pada momen-momen tertentu, seperti acara kelulusan, pernikahan, lamaran, tahun baru, atau hari besar lainnya.


  1. Bisnis Online


Perdagangan online terus berkembang dan didukung dengan kemudahan akses e-commerce. Membuka toko online bisa menjadi solusi bisnis yang praktis bagi ibu rumah tangga. Ada berbagai macam produk yang bisa dijual seperti, makanan, pakaian hingga barang-barang unik lainnya. Semua produk tersebut bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. 


Sebagai contoh, sekarang kita banyak menjumpai penjual makanan siap saji seperti cilok, baso aci, kebab dan lainnya. Mereka menjual produk makanan ekonomis yang dikemas menggunakan vakum, dengan tujuan agar bisa awet lebih lama.


  1. Bisnis Produk Ramah Lingkungan


Produk ramah lingkungan semakin banyak diminati seiring meningkatnya orang yang aware terhadap kelestarian lingkungan. Salah satu jenis produk yang bisa dijual yaitu produk ecoprint.


Ecoprint adalah produk ramah lingkungan yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga, daun, batang atau bagian tumbuhan lainnya yang menghasilkan pigmen warna. Adapun jenis produk yang dihasilkan berupa sprei, kerudung, kotak pensil, taplak meja, baju dan masih banyak lainnya.


Dengan modal Rp.500.000 kamu sudah bisa memulai bisnis ecoprint. Bisnis ini memiliki peluang bisnis yang tinggi karena, belum banyak produsen/pebisnis yang menggeluti nya.


Kesimpulan

Peluang bisnis di atas bisa menjadi referensi ide usaha untuk para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Apapun bisnis yang akan dijalankan semua akan sampai pada tahap sukses jika dilakukan dengan konsisten dan penuh inovasi.


Pilihlah jenis usaha yang menjadi minatmu, mulailah dari skala kecil, manfaatkan sumber daya yang ada disekitar serta terus menjaga kualitas produk dengan meningkatkan pengetahuan tentang bisnis.


Bagi kamu, yang ingin memulai bisnis atau mengembangkan bisnis ke ranah yang lebih luas namun bingung dalam hal permodalan. Lahan Sikam adalah jawabanya, di sini kami melakukan pendanaan untuk bisnis UMKM ataupun petani. 


Informasi lebih lanjut, ajukan sekarang melalui website resmi kami atau menghubungi melalui info@lahansikam.co.id

Author: Dwi Adi Ningsih

part of lahansikam.co.id