GERAKAN NASIONAL CERDAS KEUANGAN 2024 : PENTINGNYA LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN BAGI MASYARAKAT INDONESIA


Tahukah kamu?, Untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara masif dan merata di seluruh Indonesia, OJK bersama Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) pada tanggal 22 Agustus 2024 menginisiasikan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) dengan tema “Masyarakat Cerdas Keuangan Menuju Indonesia Emas 2024. Program GENCARKAN disiapkan sebagai upaya bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mengorkestrasi gerakan secara nasional guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Pada hasil survei nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK 2024) dengan indeks literasi keuangan penduduk Indonesia sebesar 65,43 persen, sementara indeks inklusi keuangan sebesar 75,02 persen. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat ruang untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat masih banyaknya aktivitas keuangan ilegal dan judi online pada kelompok masyarakat rentan keuangan yang dikira masih perlu mendapat perhatian khusus seperti kaum perempuan, pemuda dan pelajar, UMKM, masyarakat 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar), serta kelompok disabilitas dan pekerja migran Indonesia.

Upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan yang telah dan akan kembali dicanangkan melalui program-program seperti Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diadakan setiap tahunnya serta program terbaru seperti GENCARKAN  diharapkan dapat meningkatkan perlindungan masyarakat secara finansial untuk dapat lebih melek teknologi dan dampak bahaya penyalahgunaanya.

Adapun manfaat bagi Lembaga Jasa Keuangan melalui program GENCARKAN, secara tidak langsung program ini membantu peningkatan masyarakat dalam penggunaan produk perbankan dan pembiayaan untuk terus tumbuh, sehingga OJK mentargetkan pada tahun 2025 sebanyak 90 persen pelajar Indonesia telah memiliki tabungan. Selanjutnya diharapkan sebanyak 2,5 juta kelompok mahasiswa dan pemuda telah memiliki rekening. Progam ini juga turut mendorong pembukaan akses kredit UMKM melalui program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) sehingga dapat menjangkau 1,6 juta debitur serta mengakselerasi penggunaan produk keuangan oleh 30 persen kelompok penyandang disabilitas.

Upaya pencanangan program GENCARKAN adalah terdiri dari 5 key values point yang akan diterapkan dalam penyelarasan program tersebut, adapun diantaranya :

1.      Prinsip Pelaksanaan yang masif, merata, sinergi, terarah, terukur dan berkelanjutan.

2.      Pelaksanaan kegiatan menjangkau seluruh kabupaten dan kota di Indonesia berkolaborasi dengan stakeholders terkait.

3.      Pelaksanaan kegiatan yang terarah dan terorkestrasi menyasar kelompok prioritas.

4.      Duta & Agen Literasi, untuk penguatan multiplier effect dalam pelaksanaan kegiatan melalui Duta dan Agen LIK (Literasi dan Inklusi keuangan)

5.      Pelaksanaan kegiatan yang masif melalui berbagai jaringan komunikasi, media, dan digital.  

Pada implementasinya, pemetaan wilayah prioritas agenda GENCARKAN akan di prioritaskan kepada wilayah yang masih belum menjadi target pelaksanaan program literasi dan inklusi dengan heatmap sebagai berikut :

ü  Provinsi dengan lebih dari 50% kab/kota yang belum (kurang) melakukan edukasi dan inklusi.

ü  Provinsi yang antara 25%-50% kab/kota belum (kurang) melakukan edukasi dan inklusi.

ü  Provinsi dengan kurang dari 25% kab/kota yang belum (kurang) melakukan edukasi dan inklusi.

Lalu, program apa saja yang dapat dilakukan oleh semua pihak dalam mendukung, berpartisipasi dan berkolaborasi untuk mensukseskan program Pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan ini? berikut berbagai agenda yang dapat dilakukan :

1.    Training of Trainers

2.    Edukasi Keuangan Langsung

3.    Edukasi Keuangan Digital

4.    Publikasi Digital

Dengan demikian, literasi dan inklusi keuangan sangatlah penting. Oleh karena itu, banyaknya upaya Otoritas Jasa keuangan (OJK) yang dilakukan tidak terlepas dari strategi serta kolaborasi dengan berbagai pihak, mari dukung pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) menuju Indonesia Emas 2024 dengan turut berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman kita tentang literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat di sekitar kita!. Ayo kita bersama-sama wujudkan konsumen dan masyarakat yang terlindungi, serta cerdas keuangan dan melek teknologi.

Author: Rani Amelia

part of lahansikam.co.id