Mulai Transformasikan Bisnismu Secara Digital
Tepat rasanya jika dikatakan bahwa transformasi digital dalam bisnis merupakan sebuah keharusan pada zaman sekarang. Menghadapi pesatnya perkembangan teknologi, perusahaan yang tidak dapat mengimbanginya akan ditinggalkan konsumen dan akhirnya bangkrut. Tidak hanya perusahaan besar yang harus bertransformasi ke digital. bisnis UMKM juga seharusnya sudah mulai mengambil langkah digital dalam berbisnis.
Sebelum mulai mempersiapkan bisnis digital, kamu harus memahami pengertiannya terlebih dahulu. Perdagangan digital lebih dari sekadar menciptakan saluran digital untuk bisnis yang sudah ada. Bisnis digital memerlukan sistem yang terintegrasi dalam operasional bisnis untuk dapat mengintegrasikan secara otomatis setiap departemen dan divisi bisnis. Dengan menerapkan sistem bisnis digital yang tepat, kamu tidak hanya dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan keuangan bisnis, namun juga dapat memperoleh manfaat seperti penghematan biaya operasional.
Bisnis digital dapat dianggap sebagai transformasi bisnis menuju efisiensi yang lebih. Karena itulah banyak pelaku ekonomi, besar maupun kecil, yang menekankan kehadiran digitalisasi di perusahaan yang mereka kelola. Dengan transformasi digital, bisnis yang kamu jalankan akan dianggap sebagai bisnis yang mengikuti perkembangan zaman. Pasalnya, transformasi digital dalam bisnis ini juga akan sejalan dengan perubahan yang terjadi di masyarakat dan juga mempengaruhi perilaku konsumen. Perubahan nyata dalam perilaku konsumen adalah meningkatnya jumlah e-commerce dan pasar yang hadir sepanjang waktu. Sebagai bagian dari bisnis digital, sistem beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, yang ingin dapat memenuhi kebutuhannya tanpa menghilangkan aspek kenyamanan, misalnya kamu harus pergi ke toko untuk membeli barang yang dibutuhkan.
Alasan Penting Bisnis Kamu Harus Go Digital
1. Untuk Mengetahui perubahan perilaku pelanggan
Kemajuan teknologi membawa banyak perubahan, termasuk perilaku pelanggan. Perubahan yang paling mencolok adalah mereka kurang tertarik untuk pergi ke toko dan berbelanja secara langsung. Kini pelanggan lebih memilih bertransaksi online melalui smartphone karena lebih nyaman. Tidak perlu terjebak kemacetan, cuaca buruk, atau mengantri panjang. Jadi, agar bisnis kamu dapat bertahan dan berkembang, kamu perlu memimpin transformasi digital untuk mengikuti perubahan tersebut. Mulai dari membuat website toko online, penjualan marketplace, hingga digital marketing.
2. Dapat Menghemat Waktu dan Keuangan
Transformasi digital pada bisnis kamu akan membantu bisnis beroperasi lebih efisien. Hasilnya, kamu dapat menghemat waktu dan uang. Misalnya, jika kamu ingin melakukan kerjasama dengan pihak luar negeri, kamu tidak harus pergi ke negara tersebut cukup melakukan meeting online, dengan begitu kamu bisa hemat waktu dan uang namun kerjasama tetap terjalin.
3. Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Transformasi bisnis di era digital akan memudahkan konsumen mendapatkan segala informasi terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan. Mereka dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, pelayanan kamu juga bisa lebih efisien. Mulai dari proses transaksi pembelian, pengiriman yang otomatis dan lebih cepat hingga penanganan keluhan konsumen yang lebih baik. Hasilnya, mereka akan lebih puas dengan bisnis mu.
4. Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Mengadopsi teknologi digital pada bisnis kamu juga memungkinkan bisnis kamu menjangkau pasar yang lebih luas. Sebelumnya kamu hanya memasarkan di dalam kota saja, misalnya dengan iklan billboard atau media cetak. Jadi, melalui digital marketing, kamu bisa memasarkan produk kamu ke seluruh Indonesia, bahkan internasional.
5. Meminimalisir adanya human error
Transformasi digital dalam bisnis akan menjadikan seluruh sistem terkomputerisasi dan terintegrasi. Hal ini membuat operasional bisnis dan layanan pelanggan menjadi lebih efisien. Sebab, berbagai kesalahan bisa diminimalisir, terutama yang disebabkan oleh manusia.
6. Meningkatkan Daya Saing dengan kompetitor
Salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang pesat adalah semakin ketatnya persaingan antar perusahaan. kamu dapat melihatnya di banyak pasar berbeda atau di iklan yang sangat kreatif dengan harga bersaing. Jadi, agar tidak kalah saing, kamu juga perlu memimpin transformasi digital bisnis kamu.
7. Meminimalisir Penipuan Internal
Seperti disebutkan sebelumnya, operasi kamu akan terkomputerisasi dan terintegrasi. Oleh karena itu, semua informasi dan laporan yang diubah akan disimpan dalam sistem. Dengan begitu, keamanan perusahaan akan lebih baik karena hanya sedikit orang yang bisa mengaksesnya.
Langkah Memulai Transformasi Digital dalam Bisnis
Coba Untuk Aware terhadap Teknologi
Yang pertama dan terpenting adalah harus mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap teknologi pada bisnis yang dijalankan. Bantu mereka membuka pikiran terhadap pentingnya teknologi dalam bisnis saat ini.
Memberikan penjelasan pentingnya transformasi digital.
Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran adalah dengan memberikan penjelasan dan contoh pentingnya transformasi digital. Bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis? Jika memungkinkan, berikan contoh kasus bisnis yang sukses melalui transformasi kepada tim bisnis mu.
Melakukan Pemberitahuan Kepada Para Target Pasar
Pemberitahuan ini penting bagi kamu sebelum benar-benar menerapkan transformasi digital. Dengan begitu, target pasar tidak akan terkejut atau merasa terganggu ketika transisi terjadi. Kesadaran ini dapat kamu praktikkan secara rutin mulai dari tim bisnismu sendiri sampai ke calon konsumen. Contohnya, Pemberitahuan di media sosial kepada calon konsumen, bahwasanya bisnis kamu hanya akan menyediakan pembayaran non-cash.
Menyiapkan tim yang siap dan paham tentang digitalisasi
Hal penting berikutnya adalah kamu perlu memiliki tim yang siap dan paham tentang digitalisasi. Tim kamu harus paham teknologi, khususnya untuk menjalankan bisnis yang dijalankan.
Memberikan pelatihan terkait digitalisasi
Setelah semua tim bisnis siap, cobalah untuk memberikan pelatihan yang sesuai. Contohnya seperti pelatihan pemasaran digital dan konsultasi teknis mengenai teknologi yang akan kamu gunakan. Pastikan semua orang paham dan paham cara menggunakan teknologi tersebut, sehingga transisi di kemudian hari lancar.
Menilai transformasi digital kamu
Penilaian ini penting bagi kamu karena kamu dapat melacak kemajuan transformasi kamu. Apakah semuanya berjalan sesuai rencana? Atau kamu sedang mengalami banyak kesulitan? Apakah ada modifikasi atau perbaikan yang perlu dilakukan? Ini akan membantu kamu menyelesaikan langkah terakhir nanti.
Mengoptimalkan hasil penilaian
Terakhir, kamu bisa belajar dari hasil penilaian. Catat semua hasil, lalu komunikasikan dengan manajemen atau tim bisnis untuk langkah selanjutnya. Misalnya apakah perlu dilakukan perbaikan, apakah teknologinya sesuai dengan kebutuhan, apakah anggarannya masih tersedia, dan sebagainya.